Sabtu, 19 Mei 2012

Pengenalan Unit Trainer MPF-1



Komputer mikro MPF-1 merupakan suatu trainer khusus sebagai alat Bantu mempelajari mikroorosesor Zilog Z-80 CPU. Di dalam trainer MPF-1 terdapat alat output yang terdiri dari Monitor yang berupa 6 buah 7 segment dan sebuah speaker. Sebagai inputnya menggunakan Keyboard.
Sistem mikroprosessor merupakan sistem yang programable, maka untuk menyimpannya dibutuhkan suatu memori. Di dalam MPF-1 terdapat memori yang berifat ROM ( read only memori ) dan RWM ( Read Write Memori ).
Peta memori pada unit trainer adalah sebagai berikut :
            Program monitor menempati daerah EPROM/ROM yang hanya dapat dibaca (Read Only).  Program monitor menempati daerah Address 0000h - OFFFH.
Untuk program aplikasi dc-in data terolah dapat ditempatkan pada daerah RAM (Random Access Memory) pada Address 1800h 1 FFFH.  Dalam daerah tersebut dapat saja dimasukkan lebih dari satu program asal saja penempatannya tidak tumpang tindih. Jadi jika akan memasukkan program, dapat dipilih Address awal 1800h sampai dengan Address akhir 1 FFFH.  Daerah perluasan memori pada Address 2000h sampai dengan 2FFFh dapat diisi EPROM atau RAM yang sesuai.

Melihat dan Merubah Isi Suatu Register
            Register merupakan memori kapasitas kecil yang bersifat non permanen yang berada di CPU. Untuk melihat data yang ada pada suatu register, maka pertama-tama tekan tombol REG. Setelah tombol itu ditekan, pada display (tujuh segment) akan menampilkan tulisan 'REG' yang menyatakan MPF-1 siap untuk menyajikan Register. Kemudian tekan tombol sesuai dengan nama register yang akan dilihat isinya.  Setiap tombol mewakili register 16 bit.
Misalnya kita akan melihat isi register BC maka tekan tombol sebagai berikut:

 




Maka peraga akan menampilkan pola
XX X.X. B C

                        Dimana X X disebelah kiri adalah data 8 bit yang berada diregister B dan X X dikanannya adalah data 8 bit yang berada di register C. Untuk mengganti isi (data) yang berada pada suatu register yang harus lakukan adalah prosedur seperti yang dilakukan untuk melihat isi register.  Kemudian tekan tombol "DATA" dan tekan tombol heksadesimal (1, 2, 3, 4, 5, ...,F) sebagai data baru sesuai dengan besarnya data yang dikehendaki.
                        Untuk mengganti isi register DE cukup menekan tombol “+” (plus) kemudian masukkan data heksadesimal seperti yang dikehendaki.  Demikian seterusnya dengan pola susunan urutan register selengkapnya sebagai berikut:

AF  BC  DE  HL  AF'  BC’  DE'  HL’  IX  IY  SP  IF  FH  Fl  FH'  FL'

Disamping untuk maju satu langkah register, MPF-1 juga menyediakan tombol untuk mundur satu langkah yaitu tombol “-“ ( minus ).


B. Melihat dan Merubah Isi Suatu Lokasi Memori

Untuk melihat data yang ada pada suatu lokasi memori baik ROM/EPROM maupun RAM, caranya adalah dengan menekan tombol


Text Box: ADDR
Dan peraga akan menampilkan pola :
Text Box: X.X. X.X. x x


            X.X.X.X. menunjukkan lokasi Address dari memori yang dilihat isinya.  Dan XX menunjukkan isi memori pada Address tersebut.  Untuk merubah lokasi atau Address memori cukup menekan tombol ADDR" diikuti dengan menekan tombol heksadesimal empat kali.

Melihat data yang berada pada suatu lokasi memori Address 1800, tekan tombol   berikut :


 



Maka peraga akan menampilkan :
Text Box: 18 00  X.X.
                                 


            Data pada RAM (1800 - 1FFF) dapat dirubah, sedangkan data pada ROM (0000 - OFFF) hanya dapat dibaca tanpa dapat dirubah.  Untuk merubah data pada lokasi RAM digunakan tombol 'DATA' dan memasukkan dua kode angka heksadesimal sebagai data baru.
Untuk memasukkan atau mengganti data pada lokasi Address 1800 dengan 3E tekan tombol berikut :



 




Pada unit peraga akan menampilkan pola :
Text Box: 1 8 0 0  3.E.

Untuk melihat atau merubah data pada suatu blok memori (beberapa lokasi memori dengan Address berurutan) dapat dilakukan dengan lebih cepat dapat menggunakan tombol "+" untuk menunjuk satu lokasi di atas Address yang sedang aktif. Untuk melihat atau merubah data pada suatu blok memori (beberapa lokasi memori dengan Address berurutan) dapat dilakukan dengan lebih cepat dapat menggunakan tombol "+" untuk menunjuk satu lokasi di atas Address yang sedang aktif.
                        Untuk mengisi data pada lokasi memori seperti pada tabel berikut, maka pertama isikan data 3Eh pada alamat 1800h seperti cara yang telah diuraikan sebelumnya.  Kemudian tekan tombol "+" untuk menuju ke Address 1801h dan isikan data 00h pada Address tersebut kemudian ulangi tekan tombol '+' untuk menunjuk Address 1802.  Demikian seterusnya sampai data terakhir pads Address 180A terisikan.
Memori
1800
1801
1802
1803
1804
1805
1806
1807
1088
1809
1800A
data
3E
00
3C
47
04
48
FB
FF
00
00
00

            Untuk menyisipkan data pada suatu Address memori dapat dilakukan dengan menekan tombol "INS" = Insert, maka akan muncul alamat diatasnya dengan data 00  dilanjutkan dengan menekan tombol data heksadesimal yang disisipkan, dan apabila akan menghapus isi memori maka tekan “DEL” maka alamat yang ada akan terisi data diatasnya atau data-data diatasnya akan bergeser ke alamat 1 step ke yang lebih rendah.

C. Menjalankan (Execute/Run/Go) Program
Untuk menjalankan atau execute program,kkan Address awal program yang akan dieksekusi, lalu tekan tombol "GO" sebagai perintah mulainya pelaksanaan eksekusi.

Contoh :


 



Akan menjalankan program monitor pada Address 0000h di ROM

Contoh program :
Masukkan program sederhana berikut mulai dari Address 1800h dengan memasukkan Op-Code (Operation Code = Sandi Operasi) ke dalam unit memori.


No.
address
Op-code
Mnemonic
Keterangan
1.
1800
3E  00
LD A, 00H
A                     00H
2.
1802
3C
INC A
A                     A + 1
3.
1803
47
LD B, A
B                      A
4.
1804
04
INC B
B                     B + 1
5.
1805
48
LD C, B
C                     B
6.
1806
FF
RST 38
STOP



Dari perintah diatas dapat diartikan sebagai berikut :
A                     00H     =   isikan pada register A dengan data 00
A                     A + 1   =   tambahkan 1 isi pada register A
B                     A        =    copy data yang ada pada register A ke B
B                     B + 1   =    tambahkan 1 isi pada register B
C                     B         =    copy data yang ada pada register B ke C

         Jalankan program tersebut dengan menekan tombol

 



Periksa isi Register berikut :

Register
A
B
C
Data
01
02
02

Disamping tombol eksekusi "GO" MPF-1 dilengkapi dengan tombol "STEP" yang digunakan untuk eksekusi Step derni Step. Caranya :

 









Catat data register-register dan isikan pada tabel berikut :

Data register
A
B
C
STEP 1
00
XX
XX
STEP 2
01
XX
XX
STEP 3
01
01
XX
STEP 4
01
02
XX
STEP 5
01
02
02



D. Menggandakan Suatu Blok Memori
                        Untuk menggandakan atau memindahkan suatu blok memori yang berisikan sejumlah data dapat dilakukan dengan menggunakan instruksi tombol 'MOVE".  Misalnya untuk menggandakan program sederhana di atas yang mulai dari Address 1800h sampai dangan 1806h ke Address baru 1900h sampai dengan 1906h dapat dilakukan dengan menekan tombol sebagai berikut :

                                                            Address awal                               address akhir
 






                                                            Address tujuan
F.1. Bandingkan isi blok memori Address 1800h sampai dengan 1806h dengan blok memori Address 1900h sampai dengan 1906h dan catat hasilnya pada tabel berikut :



ADDRESS
DATA
ADDRESS
DATA
1800
3E
1900
3E
1801
00
1901
00
1802
3C
1902
3C
1803
47
1903
47
1804
04
1904
04
1805
A8
1905
A8
1806
FF
1906
FF




F.2.      Eksekusi program yang ada pada Address 1900h sampai dengan 1906h dengan eksekusi "STEP" dan catat isi register untuk setiap instruksi.

Data register
A
B
C
STEP 1
00
02
01
STEP 2
01
02
02
STEP 3
01
01
02
STEP 4
01
02
02
STEP 5
01
02
02

Setiap data yang digandakan akan mempunyai data yang sama dengan data alamat asal
KESIMPULAN
                        Untuk dapat membuat suatu program maka kita harus memahami jenis dan kegunaan untuk masing-masing instruksi. Sehingga kita tahu mengenai apa yang akan dilakukan atau dihasilkan oleh instruksi tersebut.
  • REG    : untuk melihat suatu data yang ada pada register
  • DATA : digunakan pada saat akan mengisi data di register
  • ADDR : untuk melihat suatu memori.
  • INS      : untuk menyisipkan data.
  • DEL     : menghapus data
  • GO       : menjalankan program dengan langsung.
  • STEP    : menjalankan program langkah demi langkah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar